lronis bantuan pangan beras masyarakat karangampel kidul diduga ada penyelewengan. 👇👇


  MEDIA {🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩} NASIONAL

Indramayu Jbr:Krimsuspolri.com

M  K  P.   N  E  W  S.   T  V  . C O M

Indramayu jabar:Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) yang disalurkan oleh Badan Pangan Nasional melalui PT Pos Indonesia di Desa Karangampel Kidul Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, diduga ada yang diselewengkan.

Hal tersebut terungkap saat penyaluran bantuan untuk alokasi  bulan April,  Sabtu 11 Mei 2024, di Kantor Desa Karangampel Kidul Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu.


Dari total 1.453 Penerima BP-CBP di desa ini, diduga banyak yang tidak mendapatkan surat undangan pencairan beras 10 kg ini sejak bulan Januari  2024. Mereka baru mendapatkan undangan saat penyaluran beras 10 kg untuk periode April ini.


Padahal  surat undangan pengambulan beras dari PT Pos Indonesia itu dilampirkan 6 barcode beras 10 kg,  untuk periode Januari hingga Juni 2024 (6 bulan) dengan total beras mencapai 60 kg.


Warga yang baru mendapatkan surat undangan untuk alokasi bulan April  pun mendatangi Kantor Desa Karangampel Kidul, guna minta penjelasan terkait penyaluran beras yang sudah 4 periode (Januari, Februari, Maret, April) namun hanya mendapatkan surat undangan di penyaluran periode April saja.


“Waktu bulan Januari, Februari, Maret saya belum dapat. Baru dapat  bulan April ini sebanyak 10 kg. Saya datang ke desa minta penjelasan, bahwa nama data saya itu ada nggak. Ternyata pak Pj Kuwu itu bilang data saya ada,” ujar penerima BP-CBP 2024, Tosin warga RT 04 RW 01 kepada wartawan, Senin  14 Mei 2024.


Kemudian warga lainnya, Rohmat warga RT 07 RW 02, juga mengaku baru  menerima bantuan beras satu kali saja pada penyaluran terakhir di bulan Mei 2024, yang merupakan alokasi bulan April.


“Januari, Februari dan Maret  tidak dapat bantuan beras, masalahnya tidak dapat surat undangan. Baru sekarang (penyaluran periode April) dapat surat undangan yang ternyata ada 6 barcode,” ungkapnya heran.


Ungkapan senada juga disampaikan Ceprudin warga RT 08 RW 02 Desa Karangampel Kidul Kecamatan Karangampel,  yang hanya mendapatkan beras 10 kg untuk periode April 2024 saja. 


“Dapat periode April yang dibagikannya bulan Mei. Januari sampai Maret nggak, karena gak dapat undangan,” katanya.


Sementara itu, Pj Kuwu Desa Karangampel Kidul, H Ridwan menjelaskan bahwa dirinya dilantik sebagai Pj Kuwu Desa Karangampel Kidul pada bulan Februari 2024. Sehingga untuk pembagian bantuan beras CBP, ia baru melakukan  dua kali untuk periode Maret dan April.


Sementara untuk di bulan Januari dan Februari penyaluran BP-CBP dilakukan oleh kepemimpinan Kuwu lama, Reni,  yang telah habis masa jabatannya. 


H Ridwan  menjelaskan, setiap penyaluran beras, pihaknya membagikan undangan untuk diserahkan semua ke penerima bantuan beras 10 kg sesuai dengan Danom (Daftar Nominatif) yakni sebanyak 1.453 KPM.


“Dari Danom itu dipastikan sudah terambil semua. Karena mengedarkan (surat undangan) sesuai Danom,” paparnya kepada sejumlah wartawan di ruangan kerjanya, Selasa 14 Mei 2024.


“Kalau ada yang tidak dapat di bulan Januari dan Februari , dan baru dapat bulan Maret 2024, saya tidak tahu karena saya belum disini,” katanya.


Sementara Camat Karangampel, Roshadian Purnama mengatakan, pihaknya berharap agar dalam penyaluran bantuan beras ini, semua yang sudah terdaftar dalam Danom, harus dikasih undangan pengambilan. Tanpa kecuali.


Adapun ketika dalam Danom  tersebut ternyata ditemukan ada nama yang orangnya sudah meninggal, atau tidak ditemukan alamatnya, maka bisa dilakukan penggantian.


“Bisa dilakukan penggantian bagi yang sudah meninggal atau alamat tidak ditentukan, tapi  tentunya harus melalui prosedur,” tandasnya.


Menyinggung tentang daftar di danom (data nominatif) penerima bantuan yang dianggap kurang valid, Roshadian menegaskan bahwa data tersebut memang berasal dari Bapanas (Badan Pangan Nasional) 

Reporter mkp: (Haryono) YN.

Editor. Blackdown

Redaksi. Natoras Parsada

Penerbit. 👇👇👇👇


T E M B U S A N. 

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU JAWABARAT:

Older Posts
Newer Posts