Purnawirawan Dilepas dengan Upacara Pedang Pora, Kapolres Kebumen: Bentuk Penghormatan dari Institusi Polri. 👇👇


Media{🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩}Nasional


Jateng:Krimsuspolri.com

Polres Kebumen : Sebanyak 8 personel Polres Kebumen yang memasuki masa pensiun mengikuti Upacara Wisuda Purna Bhakti, Selasa 4 Juni 2024.

Dari 8 personel yang memasuki masa purna terdiri dari satu personel Perwira Menengah, Perwira Pertama sebanyak tiga personel, Bintara Polri sebanyak dua personel dan dua personel PNS.

Upacara dipimpin Kapolres Kebumen AKBP Recky di halaman Mapolres Kebumen. Para wisudawan didampingi istri saat mengikuti upacara.


Nampak di antara barisan wisudawan, Kompol Purnawirawan Mangarif mantan Kabagren Polres Kebumen didampingi istri mengikuti upacara. 


"Upacara Wisuda Purna Bhakti, merupakan wujud apresiasi dari kesatuan Polri dan rasa kecintaan segenap personel Polri terhadap anggota yang memasuki masa pensiun atas pengabdianya selama berdinas," ungkap AKBP Recky. 


Meski setelah ini para personel akan kembali ke masyarakat, AKBP Recky berpesan agar selalu menjalin komunikasi dengan Polres Kebumen.


"Purnawirawan bukan menjadi dinding pemisah, tetapi sebaliknya, hubungan para purnawirawan dengan personil Polri yang masih qktif harus tetap terjalin dengan baik untuk mewujudkan Harkamtibmas," imbuhnya. 


Sebagai bentuk penghormatan, Polres Kebumen terhadap para purnawirawan, para peserta wisuda dilepas dengan Upacara Pedang Pora dan memasuki gerbang pora.


Pedang pora merupakan tradisi turun temurun Polres Kebumen sebagai bentuk penghormatan terhadap seseorang yang telah berjasa. 


Didampingi para istri, para wisudawan melangkah di antara gerbang pora, perlahan meninggalkan Polres Kebumen dan kembali kepada masyarakat. 


Kenaikan pangkat pengabdian:

Masih dalam satu rangkaian upacara, Kapolres Kebumen AKBP Recky juga melantik Kasubsi Dumas Siwas Polres Kebumen Ipda Toni ke pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. 


Kenaikan pangkat pengabdian yang diperolehnya Ipda Toni, dalam institusi Polri bukan perkara mudah. Anggota Polri bisa menyandang pangkat pengabdian harus melalui kerja keras, dedikasi tinggi, serta tidak pernah melakukan pelanggaran. 


Pangkat pengabdian bisa disandang 3 bulan menjelang pensiun sebagai bentuk penghargaan institusi Polri terhadap dedikasi selama bertugas. 


Pangkat pengabdian tidak semua anggota Polri bisa meraihnya di penghujung masa pensiun. Banyak kriteria lainnya yang harus dimiliki anggota Polri jika ingin mendapatkan pangkat pengabdian.


Reporter mkp :( Arif Jtg )

Redaksi. Natoras Parsada

Penerbit. 👇👇👇



Older Posts
Newer Posts